Object Oriented Programming
Ada begitu banyak bahasa pemrograman di dunia ini, begitu juga dengan teknik-teknik
pemrograman (sering disebut sebagai paradigma).
Tiga teknik yang sudah muncul
antara lain; prosedural, fungsional, dan objectoriented.
Program-program Java yang sudah ada beserta paket-paket bawaan. Java
ditulis menggunakan gabungan dari ketiga teknik tersebut. Bedanya,
program-program tersebut lebih cenderung ditulis menggunakan paradigma
pemrograman berorientasi objek.
Karakteristik OOP:
- Encapsulation (Pembungkusan)
- Inhertance (Pewarisan)
Inheritance adalah suatu kemampuan untuk mendefinisikan sebuah kelas baru yang merupakan hasil modifikasi dari kelas yang sebelumnya telah didefinisikan (termasuk kelas-kelas builtin). Manfaat utama dari fitur ini adalah agar Anda dapat menambahkan metode-metode atau variabelvariabel instan baru ke dalam kelas yang sudah ada tanpa harus memodifikasinya.
- Polymorphism (Polimorfisme - perbedaan bentuk)
Apa itu Objek?
Objek merupakan sesuatu yang kita amati yang ada dalam dunia nyata dan dapat dirasakan oleh indera kita baik abstrak maupun konkrit. Objek disebut juga dengan Instance
- Objek memiliki status (state) dan tingkah laku (behavior)
- Status (state) disebut juga dengan Atribut
- Contoh Objek : Objek Mobil
- Atribut: Merk, warna, bahan bakar
- Method: Pindah Parsnelling, Kecepatan bertambah dan lain-lain.
- Statut (state) disimpan dalam Variabel, dan tingkah laku (behavior) disimpan dalam method.
Apa itu Class?
Class merupakan suatu "Blueprint" tempat untuk membuat Objek. Class juga merupakan grup suatu Objek dengan kemiripan attribute, behavior dan relasi ke objek lain. Di dalam class di deklarasikan variabel dan method yang dimiliki oleh objek. Proses pembuatan objek dari sebuah class disebut dengan Instantion. Jadi Objek merupakan hasil Instansiasi dari class.
Contoh Class pada Java:
public class Mobil{
String kondisi, warna;
int kecepatan;
void cekkecepatan(){
if (kecepatan==0);
kondisi="parkir";
}
void cetakAtribut(){
System.out.println("Aktifitas = "+kondisi);
System.out.println("Warna = "+warna);
System.out.println("Kecepatan = "+kecepatan);
}
}
0 Komentar